Timnas Samba Toreh Sejarah Baru Di Piala Dunia 2022

Timnas Samba Toreh Sejarah Baru Di Piala Dunia 2022
Selebrasi Casemiro dan Vinicius Jr. (Foto: Ig Timnas Brasil, Cbf_futebol)

SUARARAKYATINDO.COM- Timnas Brasil memastikan lolos ke 16 besar piala dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Swiss dengan skor tipis 1- 0 kemenangan Brasil berkat goal semata wayang mantan pemain Real Madrid Casemiro yang menerima umpan matang dari penyerang muda Real Madrid Rodrygo Kedua tim berjumpa di Stadium 974 (28/11/2022).

Kemenangan ini membuat Brasil berada di puncak klasemen sementara Grub G dengan perolehan enam poin dalam dua laga, sedangkan Swiss berada di urutan dua dengan perolehan tiga poin.
Timnas Brasil menjadi negara kedua memastikan lolos ke 16 besar setelah Timnas Prancis sedangkan Swiss harus menjalani pertandingan hidup mati melawan Serbia untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya.

Dengan torehan ini Timnas Brasil menorehkan sejarah baru di piala Dunia menjadikan Tim terlama yang tak pernah terkalahkan di fase grub piala dunia.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai. Brasil langsung mencoba mendominasi penguasaan bola. Swiss memilih bertahan dan menunggu kesempatan serangan balik. 10 menit pertama berlalu tanpa kejutan.

Tempo pertandingan berlangsung sedang untuk ukuran laga penting. Brasil membawa bola, tapi tidak banyak menciptakan peluang berbahaya. Hingga menit ke-20, permainan Swiss juga belum terbentuk.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Target Timnas U-22 Sabet Medali Emas di Ajang Sea Games 2023

Bola lebih banyak dimainkan di tengah lapangan. Serangan-serangan Brasil mudah dipatahkan. Menit ke-27 dan ke-31, Vinicius mendapatkan dua peluang beruntun, tapi sepakannya masih melenceng.

Swiss perlahan-lahan melihat celah dalam permainan Brasil yang terlalu terbuka. Beberapa serangan balik Swiss coba dimulai dari sisi sayap, tapi masih kurang efektif dalam final pass.

Raphinha jadi pemain Brasil yang paling sibuk di lini serang. Vinicius beberapa kali mendapatkan setengah peluang, tapi eksekusinya buruk. Skor 0-0 menutup 45 babak pertama.

Di babak kedua, Swiss secara tak terduga langsung menekan lini pertahanan Brasil, peluang emas didapat Djbril Sow pada menit ke-52, sayang sepakannya masih bisa di blok Alisson. Hal yang sama juga terjadi pada Richarlison, sepakannya di menit ke-59 juga melambung tipis di atas gawang Yann Sommer.

Usaha Brasil untuk membuka keunggulan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-64, memanfaatkan kelengahan lini belakang Swiss, Vinicius sukses membobol gawang Yann Sommer, namun setelah melihat tayangan ulang melalui VAR, gol tersebut dianulir karena offside.
Casemiro akhirnya berhasil membawa Brasil unggul di menit ke-83, pemain Man United tersebut sukses memanfaatkan assist dari penyerang muda Real Madrid Rodrygo. Tidak ada gol tambahan yang tercipta membuat laga selesai dengan keunggulan 1-0 bagi skuad asuhan Tite, mereka pun menjadi tim kedua yang sukses mengunci satu tempat di babak 16 besar.

Baca Juga:  Nonton Live Streaming Manchester United vs Nottingham Forest Gratis Disini

Susunan Pemain

BRASIL (4-3-3): Alisson; Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro (86′ Alex Telles); Lucas Paqueta (46′ Rodrygo), Casemiro, Fred (58′ Bruno Guimaraes); Raphinha (73′ Antony), Richarlison (73′ Gabriel Jesus), Vinicius Junior.

Pelatih: Tite

SWISS (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer (86′ Fabian Frei), Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka; Fabian Rieder (59′ Renato Steffen), Djibril Sow (76′ Michel Aebischer), Ruben Vargas (59′ Edimilson Fernandes); Breel Embolo (76′ Haris Seferovic).

Pelatih: Murat Yakin

Tinggalkan Balasan