Turunkan Berat Badan Secara Cepat Selama Bulan Ramdhan, Kamu Bisa Mencoba dengan Cara Ini

Ilustrasi menurunkan berat badan. (Foto: iStock/Int)

Suarrakyatindo.com – Lifestyle, Ramadhan dapat menjadi kesempatan emas untuk meraih tujuan kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Puasa dari fajar hingga senja menawarkan cara unik untuk mereset metabolisme tubuh dan memulai perjalanan penurunan berat badan.

Namun dengan cara apa menurunkan berat badan dengan cepat selama Ramadhan?

Seperti yang dilansir Suararakyatindo.com dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat selama Ramadhan yang bisa Anda coba terapkan:

1. Sahur dengan Pilihan Makanan yang Tepat

Sahur, makan di waktu fajar sebelum puasa dimulai, adalah kunci untuk menjaga energi sepanjang hari. Pilihlah makanan yang kaya serat dan protein seperti oat, telur, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Bau Mulut saat Puasa Bikin Tidak Percaya Diri, Begini Tips untuk Mencegahnya

Makanan ini lambat dicerna, menjaga Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan saat berbuka.

2. Hidrasi yang Cukup

Air adalah komponen penting dalam proses penurunan berat badan. Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum air dapat membakar kalori.

Minumlah cukup air antara waktu berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman manis yang hanya akan menambah asupan kalori tanpa memberi rasa kenyang.

3. Pilih Makanan Berbuka dengan Bijak

Berbuka puasa dengan beberapa butir kurma dan air putih adalah tradisi yang juga mendukung penurunan berat badan.

Kurma akan menyediakan energi cepat tanpa membuat Anda terlalu kenyang. Hindari makanan berlemak dan gorengan yang tinggi kalori. Pilihlah sup atau salad sebagai starter untuk mengisi perut sebelum makan hidangan utama.

4. Kontrol Porsi Makan

Mengontrol porsi makan adalah salah satu strategi diet yang paling efektif. Gunakan piring lebih kecil saat makan untuk membantu mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Beri waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum menambah porsi.

5. Tetap Aktif

Meskipun berpuasa, jangan abaikan aktivitas fisik. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau yoga beberapa jam setelah berbuka puasa.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Puasa Selama Bulan Ramadhan, Kamu Bisa Coba

Olahraga akan membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak.

6. Kurangi Makanan Manis dan Olahan

Makanan manis dan olahan kaya akan kalori namun rendah nutrisi. Mengurangi konsumsi makanan jenis ini bisa membantu mempercepat penurunan berat badan. Gantilah dengan buah-buahan segar atau makanan alami lainnya.

7. Tidur yang Cukup

Kualitas dan kuantitas tidur memiliki pengaruh langsung terhadap berat badan. Usahakan untuk tidur yang cukup dan berkualitas selama Ramadan untuk mendukung proses penurunan berat badan.

8. Pantau Kemajuan

Catat perkembangan berat badan dan ukuran tubuh secara rutin untuk memantau kemajuan. Hal ini akan memberikan motivasi dan feedback untuk menyesuaikan strategi diet jika perlu.

Demikianlah cara menurunkan berat badan dengan cepat selama Ramadhan. Menurunkan berat badan selama Ramadhan memang membutuhkan disiplin dan komitmen. Namun dengan strategi yang tepat, hal ini sangat mungkin untuk dicapai.

Kombinasikan sahur dan berbuka dengan pilihan makanan yang sehat, kontrol porsi, cukup hidrasi, olahraga ringan, dan tidur yang cukup.

Dengan pendekatan yang seimbang, Ramadan bisa menjadi waktu yang ideal untuk mencapai tujuan penurunan berat badan Anda sambil tetap menjalankan ibadah puasa.

Tinggalkan Balasan