Viral Soal Ndasmu Etik! Prabowo: Itu Internal Partai Gerindra

Viral Soal Ndasmu Etik! Prabowo: Itu Internal Partai Gerindra
Prabowo Subianto saat menyampaikan pendapat di depan kader Gerindra. (Foto: Ig @prabowo)

SUARARAKYATINDO.COM- Ucapan calon presiden Prabowo Subianto soal ndasmu etik viral di media sosial. Menanggapi itu, Prabowo mengatakan ungkapan tersebut hanya sebatas candaan di antara keluarga Partai Gerindra.

Mengingat rapat tersebut merupakan pertemuan tertutup dan terbatas untuk kader partai.

“Itu kan di dalam di antara keluarga ya kan, tetapi biasa orang Indonesia cari-cari, mau dibesar-besarkan. Itu di antara keluarga kita bicara, dan itu kan bicara orang Banyumas biasalah bicara-bicara seperti itu,” kata Prabowo menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela kegiatan kampanyenya di Blitar, Jawa Timur, Ahad, 17 Desember 2023.

Ia pun meminta agar pernyataannya itu tak dibesar-besarkan karena hanya kelakar biasa. “Enggak usah dibesar-besarkan,” kata Prabowo.

Dalam video berdurasi 1 menit 5 detik yang viral itu, Prabowo Subianto berbicara di podium berhadapan dengan para kader Gerindra peserta Rakornas.

Calon presiden nomor urut dua itu terlihat menirukan perkataan kompetitornya, Anies Baswedan, saat debat capres Selasa lalu.

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo, soal etik? Etik? Etik?” kata Prabowo menirukan Anies sambil menggoyang-goyangkan kepalanya.

“Ndasmu etik,” ujar Prabowo kemudian. Ucapan itu lantas disambut riuh tepuk tangan para peserta Rakornas. Mereka juga mengelu-elukan nama Prabowo setelah pernyataan tersebut.

Prabowo pun terlihat kembali menirukan Anies dalam video itu. Dia memberikan ucapan Anies yang menurutnya tidak sesuai dengan apa yang dilakukan saat ini. “(Anies bilang) saya ingin baik-baik, aku ingin rukun, aku ingin mari kita maju untuk rakyat, iya kan? (Tapi) habis itu nyerang-nyerang,” ucap dia.

Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, membenarkan bahwa Prabowo memang mengutarakan hal-hal tersebut. Namun, menurut dia, apa yang disampaikan Prabowo dalam Rakornas merupakan gurauan belaka.

“Pak Prabowo senang bercanda, itu bercandaan Pak Prabowo ke kader-kader Gerindra, seribu persen becanda. Pak Prabowo hubungannya dengan Pak Ganjar baik, dengan Pak Anies baik. Bercanda ke sesama sahabat,” kata Dahnil melalui pesan singkat pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Tinggalkan Balasan