Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Kolom

Generasi Muda Harus Bangga Dalam Sumpah Pemudanya

×

Generasi Muda Harus Bangga Dalam Sumpah Pemudanya

Sebarkan artikel ini
Generasi Muda Harus Bangga Dalam Sumpah Pemudanya
Pemuda tempo dulu yang menjadi penentu kemerdekaan Indonesia. (Foto; ilustrasi/istimewa)

Oleh; J.Rifa

Tanggal 28 Oktober di kenal dengan istilah Hari Sumpah Pemuda yang mana menjadi sejarah Negara Indonesia. Sebab, pada tanggal itulah, gerakan pemuda menjadi penentu bahwasanya Gabungan gerakan pemuda menjadi penentu kemerdekaan Indonesia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk membaca

Sumpah Pemuda merupakan awal dari kelahiran bangsa Indonesia. Di mana selama ratusan tahun tertindas di bawah kekuasaan penjajah Belanda. Kondisi ini mendorong para pemuda menyatukan barisan untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Baca Juga:  Faisol Riza: Dari Aktivis Menuju Senayan

Dari isi Sumpah Pemuda di atas dapat kita pahami bahwa bagi bangsa Indonesia,Sumpah Pemuda merupakan suatu komitmen bersama untuk bersatu melawan penjajah,memerangi kemiskinan, keterbelakangan, dan kebodohan bidang pendidikan. Momen inilah yang membuka pintu bagi para pejuang hingga mencapai kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Mengapa Sumpah Pemuda merupakan awal kelahiran bangsa Indonesia?.Jawabannya ada 3 makna yang terkandung di dalam Sumpah Pemuda, yaitu (1) Sumpah Pemuda sebagai catatan penting dalam sejarah Indonesia untuk mempersatukan perjuangan pemuda dalam merebut kemerdekaan. (2) Sumpah Pemuda meletakkan arah dan tujuan perjuangan menentang kolonialisme, salah satunya melalui pendidikan. (3)Sumpah Pemuda sejatinya adalah cikal bakal menuju proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Example 120x600