Tips Naik Gunung Bagi Pemula Agar Tidak Kedinginan

Tips Naik Gunung Bagi Pemula Agar Tidak Kedinginan
Bagi Anda yang suka mendaki gunung atau berkemah, menghadapi dinginnya udara pegunungan mungkin sudah biasa. Foto; SRI

SUARARAKYATINDO.COM- ketika ada orang yang ingin naik gunung tentu yang di pikirkan terlebih dahulu adalah perihal cuaca yang ada di gunung tersebut. Sebab, kalau cuaca buruk sudah pasti itu menjadi ancaman bagi para pendaki gunung.

Bagi Anda yang suka mendaki gunung atau berkemah, menghadapi dinginnya udara pegunungan mungkin sudah biasa. Akan tetapi hal itu tidak boleh di remehkan.

Bagi Anda yang belum terbiasa mendaki atau berkemah, Jagan coba-coba untuk naik gunung. Meskipun gunung itu sudah menjadi pilihan sendiri oleh anda dan sudah bisa dicapai dengan kendaraan, seperti Bromo misalnya, udara dingin akan menjadi tantangan tersendiri buat Anda.

Agar dinginnya udara pegunungan tidak menghalangi Anda beraktivitas saat berkemah atau menunggu indahnya matahari terbit saat mendaki, Anda perlu mencoba tips-tips berikut

Baca Juga:  Sering Dikonsumsi saat Berbuka Puasa Ramadhan, Begini Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

1. Lakukan aklimatisasi
Aklimatisasi adalah penyesuaikan tubuh terhadap suhu atau kondisi alam pegunungan. Aklimatisasi sebaiknya dilakukan sebelum melakukan pendakian.

2. Bawa pakaian hangat
Pastikan jaket tebal menjadi barang bawaan wajib yang masuk ke dalam ransel Anda. Bawalah jaket anti air yang dilapisi dengan bahan polar. Ini untuk mencegah kelembapan yang semakin lama akan semakin menembus ke bahan jaket. Selain jaket, Anda bisa membawa kantong tidur (Sleeping bag) yang bisa menjadi penangkal dingin yang ampuh untuk Anda gunakan saat tidur.

3. Buat api unggun
Jika memungkinkan, membuat api unggun bisa menjadi pilihan. Meski demikian jangan sekali-kali untuk menebang dahan pohon hanya untuk dijadikan sebagai api unggun. Sebagai alternatif, Sebelum malam tiba, Anda bisa mengumpulkan ranting-ranting pohon yang telah kering.

Baca Juga:  Awas Batal, Ketahui Hukum Buang Air Besar saat Berpuasa, Banyak Orang yang Meremehkan

4. Membuat minuman hangat
Buatlah minuman hangat seperti air jahe atau susu panas. Selain nikmat disantap, minuman ini juga cocok untuk menghangatkan tubuh.

5. Beraktivitas berkelompok
Berkelompok cukup ampuh untuk melawan dingin, saat Anda ngobrol duduklah berdekatan dalam kelompok yang besar, saat Anda tidur maksimalkan kapasitas tenda Anda.

6. Jangan memakai jins
Selain memberatkan, pakaian berbahan dasar jins akan membuat Anda tidak leluasa untuk bergerak. Kerugian lainnya, jins merupakan bahan yang akan menahan dingin dengan sempurna.

7. Lakukan peregangan
Meski udara dingin menggigit tulang, jangan biarkan tubuh Anda hanya berdiam diri di dalam tenda. Untuk itu, Anda bisa melakukan peregangan agar rasa dingin sedikit berkurang.

Tinggalkan Balasan