Ini Dia, 5 Destinasi Wisata Alam Ranu Tiris Probolinggo

Ranu Merah Ini Sangat Bagus Untuk Di Kunjungi Oleh Wisatawan foto: Radar Bromo
Ranu Merah Ini Sangat Bagus Untuk Di Kunjungi Oleh Wisatawan foto: Radar Bromo

SUARARAKYAT.COM – Daerah Probolinggo merupakan tempat yang begitu indah dalam segi keindahan alam dan destinasi wisata. Sebab, Probolinggo memiliki beberapa destinasi wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi, terkhusus di wilayah Kabupaten Probolinggo yang berada di daera pegunungan Kecamatan Tiris.

Kabupaten Probolinggo secara geografis terdiri dari dua aspek yaitu pegunungan dan pesisir. Pengembangan potensi wisata alamnya cukup baik, walaupun masih ada beberapa kekurangan dalam pengelolaannya.

Destinasi wisata yang ada di daerah Probolinggo Kecamatan Tiris itu banyak wisata yang membuat orang tertarik. Sebab, keindahan wisatanya banyak menarik perhatian para wisatawan yang ingin berkunjung.

Destinasi wisata alam yang ada di Kecamatan Tiris itu lumayan banyak dan bahkan telah dikenal luas, seperti Kebun Teh Andung Biru, Ranu Atau Danau, Pemandian Air Panas dan Air Terjun. Nah, kali ini saya akan membahas 5 Destinasi Wisata Alam yang berada di daerah pegunungan Tiris. Tertarik bukan? yuk simak baik-baik di bawah ini;

Ranu Merah Ini Sangat Bagus Untuk Di Kunjungi Oleh Wisatawan foto: Radar Bromo
Ranu Merah Ini Sangat Bagus Untuk Di Kunjungi Oleh Wisatawan foto: Radar Bromo

1. Ranu Merah

Ranu Merah adalah wisata alam yang berlokasi di Dusun AndungSari Desa Andungsari. Sesuai namanya, Ranu merah termasuk Danau yang berbeda dari yang lain karena airnya berwarna agak kemerah-merahan.

Hal itulah yang menjadi para wisatawan tertarik untuk datang ke Ranu Merah. Bahkan Ranu Merah ini juga sering dikunjungi oleh masyarakat lokal untuk memancing. Ranu Merah juga dilengkapi dengan menaiki Kuda dan wahana lainya. Oh iya, datang kesini gratis lhoo?

Ranu Batok Yang Memikau Keindahan Alamnya foto: Info Kabupaten Probolinggo
Ranu Batok Yang Memikau Keindahan Alamnya foto: Info Kabupaten Probolinggo

2. Ranu Betok

Ranu Betok terletak di Dusun Betok Desa Ranu agung. Ranu ini sama dengan Ranu pada umumnya, masyarakat mengunjungi Ranu ini untuk memancing ikan. Sebab, ikan di Ranu Betok banyak dan besar-besar.

Adapun ikan yang ada di Ranu Betok ini berupa ikan Nila, mujaer dan udang. Ikan-ikan tersebut memang dibudidaya oleh masyarakat sekitar.

Jika anda berkunjung ke Ranu Betok, maka akan mendapatkan spot foto bagus karena langsung menghadap ke Gunung Lemongan dari sisi timur ke barat. Hal ini menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Ranu Betok.

Sebelumnya para wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu membayar parkir karena tidak tersedia loket pembayaran. Jika anda mengendarai motor atau mobil dari pasar Tiris ke arah barat, anda akan melewati Ranu Betok dengan pemandangan, karena lokasinya bertepatan di sisi selatan jalan.

Ranu Agung Yang Tidak Kalah Indah Dibanding Ranu Yang Lain Foto: Suararakyatindo.com
Ranu Agung Yang Tidak Kalah Indah Dibanding Ranu Yang Lain Foto: Suararakyatindo.com

3. Ranu Agung

Nah, kali ini ada Ranu Agung atau masyarakat lokal menyebutnya Ranu Barat yang berada di sebelah ujung barat Desa, tepatnya di Dusun Ranu agung. Ranu ini bisa dikatakan sebagai icon Desa Ranuangung lhoo.

Ranu Agung ini memilik tebing yang menjadi karakteriktik tersendiri dan berbentuk Love jika dilihat dari atas. Jumlah pengunjungnya cukup ramai, mulai dari masyakarat Probolinggo bahkan tak sedikit dari luar kabupaten Probolinggo.

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke Ranu Agung tidak usah khawatir sebab Biaya masuk hanya 10 Ribu dan Parkir 2 Ribu untuk satu motor.

Ketika wisatawan sudah berada di Ranu Agung maka, sudah dipastikan akan menaiki perahu bambu dengan bersedia membayar 10 Ribu satu orang, jika berkelompok bisa lhoo ditawar hehehe. Saat berada di tengah-tengah Ranu, disitulah spot foto bagus dengan view tebing yang tinggi. Ranu ini cocok bagi orang yang suka camping atau aktivitas outdoor.

4. Ranu Paleran

Ranu satu ini masih berada di Desa Andung Sari, tepatnya di Dusun Paleran yang tidak kalah saing keindahan wisatanya. Sebab, Ranu Paleran termasuk Ranu kecil dibandingkan Ranu lainnya.

Masyarakat sekitar sering memancing karena terdapat ikan Nila yang menjadi perhatian masyarakat lokal tentunya masyarakat luar dari Probolinggo yang ingin berkunjung.

Tak hanya ada Ikan Nila yang menjadi perhatian akan tetapi ada jembatan kayu berwarna putih mengelilingi Ranu yang begitu indah apalagi Ranu Paleran ini berada di tengah-tengah gubung kecil. Ranu ini, seperti halnya Ranu Betok yang berada tepat di sisi selatan jalan.

Ranu Segaran Juga Menarik Untuk Di Kunjungi foto: Isnan Wijarno
Ranu Segaran Juga Menarik Untuk Di Kunjungi foto: Isnan Wijarno

5. Ranu Segaran

Nah, terakhir ada Ranu kebanggaan Tiris lhoo. Ranu ini cukup lama dikenal oleh masyarakat Tiris dan Probolinggo karena keindahannya, bahkan sempat dijadikan destinasi favorit oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Ranu kali ini bernama Ranu Segaran, sesuai lokasi keberadaannya. Untuk menikmati keindahannya, anda bisa menaiki perahu bebek lhoo, apalagi bersama pasangannya atau orang tersayang.

Para wisatawan tidak perlu pusing perihal Tarif untuk masuk Ranu Segaran. Wisatawan hanya perlu mempersiapkan uang sebesar 5 Ribu per-orang dan parkir motor hanya cukup menyediakan uang sebesar 2 Ribu.

5 Ranu tersebut cukup memikau para wisatawan yang ingin berkunjung. Sebab, destinasi wisata alam di Tiris Probolinggo sudah pasti membuat hati para pengunjung senang. Daftat Ranu diatas sangat rekomendasi lhoo, jika ingin healing ke Tiris.

Tinggalkan Balasan