Daerah  

Ketua Ansor Kota Kraksaan Buka Suara Terkait Kegiatan Yang Menjelekan Namanya

Ketua Ansor Kota Kraksaan Buka Suara Terkait Kegiatan Yang Menjelekan Namanya
Ketua PC GP Ansor Kota Kraksaan saat foto bersama usai acara. (Foto: SRI)

SUARARAKYATINDO.COM, Probolinggo- Dalam Rangka menanggapi Tuduhan yang merajuk kepada Ketua Pengurus Cabang (PC). Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Kraksaan Probolinggo Sahabat Zen Ubaidillah mengeluarkan pernyataan sikap terkait kegiatan itu.

Ketua PC . GP Ansor Kota Kraksaan Zen Ubaidillah mengatakan bahwa kegiatan ini adalah gerakan liar. Sebab, orang-orang yang ikut dalam kegiatan itu tanpa ada konfirmasi apapun terhadap dirinya sebagai pimpinan PC Ansor Kota Kraksaan yang Sah.

“Kegiatan itu adalah kegiatan liar karena tidak ada koordinasi dengan kami selaku pimpinan Ansor Kota Kraksaan yang Sah,” ujar Zen Ubaidillah.

Zen Ubaidillah meminta kepada segenap awak media yang memberitakan acara tersebut untuk di cabut karena tidak ada klarifikasi dengan kami.

“Saya berharap media yang menulis berita kegiatan itu untuk mencabut karena tidak ada klarifikasi ataupun konfirmasi terhadap kami,” mintanya Zen Ubaidillah.

Pernyataan Sikap Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Kraksaan:

1. Pada tanggal 24 Januari 2023 malam sekelompok orang yang mengatasnamakan anggota dan pengurus GP. Ansor Kota Kraksaan mengadakan sebuah kegiatan bertajuk “Haul 1 Tahun Matinya Pergerakan PC. GP. Ansor Kota Kraksaan” yang diadakan di sebuah tempat di dekat Kantor PC Kota Kraksaan di jalan Rengganis Patokan Kraksaan.

Perlu diketahui bahwa kegiatan itu kegiatan liar yang diadakan tanpa koordinasi dengan PC. GP Ansor Kota Kraksaan yang saat ini dipimpin oleh Sahabat Zen Ubaidillah sebagai Kader yang terpilih secara sah pada Konferensi Cabang III Ansor Kota Kraksaan pada tanggal 19 Desember 2021. Kegiatan ini dimotori oleh orang – orang (10 orang mantan Ketua Pimpinan Anak Cabang / PAC di lingkungan PC Ansor Kota Kraksaan) yang tidak punya legal standing / landasan hukum untuk membahas soal apa pun tentang PC. GP. Ansor Kota Kraksaan, karena secara struktur Surat Keputusan (SK) kepengurusan 10 PAC itu sudah berakhir sejak bulan November 2022, dan mereka sampai saat ini tidak mengajukan surat permohonan perpanjangan kepengurusan kepada Pimpinan Wilayah GP. Ansor Jawa Timur dengan rekomendasi PC.GP.Ansor Kota Kraksaan.

2. Tuduhan bahwa PC. GP. Ansor Kota Kraksaan tidak mengadakan kegiatan selama satu tahun ini merupakan tuduhan tidak berdasar dan cenderung berbau fitnah, karena pada tanggal 27 April 2022 PC. GP. Ansor Kota Kraksaan mengadakan peringatan Harlah ke -88 GP.Ansor di Ridho Out Bound Krejengan. Saat itu semua pengurus PAC yang saat itu SKnya masih berlaku kami undang, dan hanya ada 4 PAC saja yang hadir di kegiatan itu, sisanya (10 PAC) tidak ada yang hadir, ini menunjukkan bahwa 10 PAC ini tidak mengindahkan undangan dan instruksi dari pimpinan di atasnya, ini sebuah tindakan indisipliner yg tidak dibenarkan dalam organisasi. Selain tidak menghadiri undangan Harlah itu mereka melakukan intimidasi, provokasi, bullying dan fitnah kepada sahabat – sahabat yang menhadiri acara resmi tersebut.

Demi melakukan penataan organisasi menurut garis-garis aturan organisasi yg terdapat dalam PO (Peraturan Organisasi) GP. Ansor maka pada tanggal 16 Juli 2022 PC. GP. Ansor Kota Kraksaan mengundang seluruh Ketua PAC (14 PAC) di bawah naungannya untuk menghadiri sosialisasi tentang Akreditasi Organisasi yang wajib dilaksanakan setiap tahun, tpi hanya 4 Ketua PAC saja yang hadir, bahkan satu anggota Banser yang hadir mengawal salah satu ketua PAC diintimidasi oleh orang yang tidak faham organisasi. Selain itu untuk penataan organisasi dua kali (bln September&Oktober 2022) lagi kami undang para Ketua PAC itu kami undang, tapi tetap hanya 4 Ketua PAC yang hadir. Ini merupakan tindakan indispliner organisasi yang tidak bisa dibenarkan dengan alasan apa pun.

Pada Tanggal 13 – 22 Januari 2023 PC.GP. Ansor Kota Kraksaan bekerjasama dengan PC.GP.Ansor Kota dan Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan Festival 1 Abad NU GP.Ansor Probolinggo Raya di Alun – Alun Kota Probolinggo, dan Alhamdulillah kegiatan yang diisi dengan lomba – lomba dari Ansor dan banom – banom NU yang lain ini berjalan dengan sukses dan mendapat sambutan antusias dari masyararkat Probolinggo. Kegiatan yg dibarengi dengan bazar UMKM dan Obral Durian ini berlangsung selama 10 hari, tiap hari dibuka sejak pukul 16.00 – 22.00 WIB, tiap malam rame dikunjungi ribuan warga Probolinggo yang terpaksa selalu membuat kemacetan di jalan – jalan sekitar Alun – Alun Kota Probolinggo. Sebelum kegiatan Kami sudah mengundang dan mensosialisasikan kegiatan ini kepada seluruh anggota dan kader GP.Ansor Kota Kraksaan, kita sudah melakukan rapat internal di level Pengurus Cabang GP.Ansor Kota Kraksaan, bahkan ketika berita rencana kegiatan ini dishare di grup WA yang mengatasnamakan PC Ansor Kraksaan beberapa orang dari mereka melontarkan komentar yang kurang baik dengan maksud bullying kepada kegiatan tersebut.

3. Demikian surat pernyataan sikap resmi dari Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Kraksaan ini kami buat, semoga dengan pernyataan sikap ini bisa meluruskan segala fitnah keji dan tuduhan – tuduhan yang tidak mendasar yang diarahkan kepada PC.GP.Ansor Kota Kraksaan selama ini.

Tinggalkan Balasan