KLB PSSI 2023: Ungguli 64 Suara, Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum

KLB PSSI 2023: Ungguli 64 Suara, Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum
Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum PSSI. (Foto: Ig @erickthohir)

SUARARAKYATINDO.COM, Jakarta- Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 tuntas digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023). Menteri BUMN Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum ( PSSI ) periode 2023-2027.

Menteri BUMN Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 yang menggantikan posisi Mochamad Iriawan.

Sementara itu, Erick Thohir berhak menduduki kursi tertinggi federasi Tanah Air setelah mengantongi 64 suara dari voters. Erick Thohir unggul atas kandidat kuat lainnya, La Nyalla Mattalitti yang hanya mengemas 22 suara.

Dalam acara KLB PSSI tersebut, diikuti oleh 87 pemilik suara PSSI. Namun satu suara abstain, dan satu lagi yakni PSMS Medan tidak bisa memberikan suaranya karena masalah dualisme kepengurusan.

Komite Pemilihan (KP) PSSI sebelumnya mengumumkan lima calon tetap untuk bersaing memperebutkan posisi ketua umum, yang diantaranya Erick Thohir, La Nyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis.

Baca Juga:  Pengumuman! Cuti Bersama Akhirnya di Rubah Menjadi 19 April 2023

Akan tetapi, nama terakhir memilih mundur dari bursa pemilihan dan mengalihkan dukungan ke Erick Thohir sehari sebelum digelarnya KLB PSSI.

Sehingga, pengumuman terkait hal ini disampaikannya langsung melalui jumpa pers di kawasan Kuningan, Rabu (15/2/2023).

Melansir akun Twitter @GadisNKRI_, Kamis (16/2/2023), berikut lima janji Erick Thohir jika jadi ketua umum PSSI.

1. Melanjutkan Liga 2 dan Liga 3

Erick Thohir berjanji akan melanjutkan kompetisi Liga 2 dan Liga 3 yang telah dihentikan oleh PSSI karena alasan pendanaan.

2. Kejar Ketertinggalan dari Negara Lain

Erick berencana akan mengejar ketertinggalan sepak bola Indonesia dari negara lain jika dirinya terpilih menjadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027.

3. Penggunaan VAR di Liga 1

Baca Juga:  Tidak Tanggung-Tanggung, 2 Orang Sekaligus di Berangkat Umroh Oleh Faisol Riza

Liga 1 akan menggunakan VAR (Video Assistant Refree) yang diterapkan di sejumlah negara Eropa jika Erick Thohir nantinya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI. Tentu dengan adanya VAR akan memperbaiki kualitas Liga karena banyaknya keputusan wasit yang kerap salah dan merugikan tim.

4. Membenahi Kualitas Wasit

Kinerja wasit kerap mendapat sorotan dari publik lantaran keputusannya yang terkadang kurang tepat. Erick berjanji akan membenahi kualitas wasit jika dirinya terpilih menjadi ketum PSSI.

5. Membangun TC Timnas Indonesia

Salah satu harapan terbesar para pecinta sepak bola tanah air adalah tim nasional atau timnas Indonesia memiliki Training Center (TC) sendiri, karena hal ini sangat membantu dalam membentuk kekuatan tim. Training center menjadi salah satu janji Erick jika terpilih jadi orang nomor 1 di sepak bola Indonesia.(*)

Tinggalkan Balasan