Menunaikan Zakat Fitrah Suatu Kewajiban Bagi Setiap Muslim yang Mempunyai Kecukupan Harta, Ini Dalil-dalilnya

Foto Ilustrasi membayar zakat fitrah. (Freepik/iStock)

Suararakyatindo.com – Khazanah, Zakat fitrah merupakan suatu hukum yang wajib bagi setiap umat muslim yang mempunyai kecukupan harta, zakat fitrah juga merupakan bagian dari rukun islam yang ke tiga.

Pada Saat Bulan Ramadhan kita sebagai umat muslim wajib menunaikan zakat fitrah. Untuk waktu membayar zakat fitrah yaitu dimulai dari bulan puasa ramadhan hingga menjelang sholat Idul Fitri.

Bentuk dari zakat fitrah berupa makanan pokok sehari-hari, tergantung pada setiap daerah masing-masing, ada juga yang membayar zakat fitrah dengan uang dan lain sebagainya.

Seperti yang dilansir Suararakyatindo.com dari Okezone, terdapat banyak hadis dan ayat Al-Quran yang menyatakan wajibnya zakat fitrah bagi umat Islam. Berikut ini di antara dalil-dalil naqli yang menggambarkan hal tersebut.

1. Surah At-Taubah Ayat 103

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Bacaan latinnya: “Khuż min amwālihim ṣadaqatan tuṭahhiruhum wa tuzakkīhim bihā wa ṣalli ‘alaihim, inna ṣalātaka sakanul lahum, wallāhu samī’un ‘alīm”

Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. At-Taubah [9]: 103).

2. Surat Al-Baqarah Ayat 43

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Bacaan latinnya: “Wa aqīmuṣ-ṣalāta wa ātuz-zakāta warka’ụ ma’ar-rāki’īn”

Artinya: “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk,” (QS. Al-Baqarah [2]: 43).

3. Dalil Hadis Rukun Islam

بُنِيَ الإِسْلامُ على خَمْسٍ: شَهادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلاَّ اللهُ، وأنَّ مُحَمَّداً رَسُولُ اللهِ، وَإقَامِ الصَّلاةِ، وَإيْتَاءِ الزَّكاةِ، وَالحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ (متفق عليه)

Artinya: “Islam dibangun di atas lima hal: kesaksian sesungguhnya tiada Tuhan

selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, melaksanakan salat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadan,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

4. Hadis Kadar Zakat Fitrah

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ

Artinya: “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas oaring muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dengan diwajibkannya membayar zakat fitrah fungsinya untuk menyucikan diri dan harta seseorang dari hal-hal yang mengotorinya.

Tinggalkan Balasan