Daerah  

Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih Telah di Buka, Ini Syaratnya

Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih Telah di Buka, Ini Syaratnya
Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih dibuka. (Foto: SRI)

SUARARAKYATINDO.COM, Probolinggo- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo mulai membuka penerimaan pendaftaran calon petugas pemutakhiran daftar pemilih atau di sebut pantarlih Pemilu 2024.

Pendaftaran Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (pantarlih) untuk Pemilu 2024 ini telah dibuka sejak 26-31 Januari 2023. Pendaftaran ini minimal berpendidikan SMA atau Sekolah Menengah Atas.

KPU Kabupaten Probolinggo akan memproses pendaftaran calon pantarlih pada 27 Januari-2 Februari 2023. Sementara itu hasil seleksi akan diumumkan pada 3-5 Februari 2023, sebelum para pantarlih terpilih dilantik 6 Februari 2023.

Lantas berapa gaji yang ditawarkan pantarlih? Simak gaji dan syarat pantarlih berikut ini.

Sesuai ketentuan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022, setiap TPS akan memiliki satu orang Pantarlih. Gaji atau honor Pantarlih Pemilu 2024 sebesar Rp 1 juta seperti yang tertulis di situs resmi KPU.

Besaran gaji Rp 1 juta itu sama dengan Pemilu 2020 lalu. Gaji Pantarlih 2024 itu diberikan sebanyak satu kali untuk masa kerja kurang dari dua bulan, yakni mulai awal Februari sampai pertengahan Maret 2023.

Baca Juga:  Ratusan Atlit Senam se-Jawa Timur Meriahkan Kejurprov Senam 2023 di Probolinggo

Syarat jadi Pantarlih Pemilu 2024

Ada 5 syarat untuk menjadi Pantarlih Pemilu 2024 yang telah diatur dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2022 yakni:

1. Warga negara Indonesia (WNI) dengan usia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun

2. Domisili di wilayah kerja Pantarlih

3. Mampu secara jasmani dan rohani

4. Punya pendidikan paling rendah SMA atau sederajat

5. Tidak jadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah. Atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi jadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai yang bersangkutan.

Ada kelonggaran terkait syarat pendidikan paling rendah SMA atau sederajat jika tak bisa terpenuhi. Calon pantarlih bisa minta bantuan terkait syarat tersebut untuk diisi oleh orang yang punya kemampuan dan kecakapan dalam membaca, menulis dan berhitung yang bisa dibuktikan dengan surat pernyataan.

Baca Juga:  Pemuda Istimewa Yogyakarta Deklarasi Untuk Mendukung G20

Dokumen yang dibutuhkan untuk jadi Pantarlih Pemilu 2024

Sejumlah dokumen harus dipersiapkan untuk mendaftar sebagai Pantarlih Pemilu 2024 ke PPS di desa atau kelurahan. Berikut dokumen yang dibutuhkan untuk jadi Pantarlih Pemilu 2024:

1. Fotokopi KTP Elektronik (e-KTP)

2. Surat keterangan sehat secara jasmani dari puskesmas, rumah sakit, atau klinik. Surat ini harus disertai dengan hasil pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol

3. Daftar Riwayat Hidup (format disediakan) disertai pas foto berwarna ukuran 4×6 cm

4. Fotokopi ijazah SMA/sederajat atau ijazah terakhir

5. Surat Pernyataan dengan materai 10.000 yang menyatakan bahwa calon Pantarlih tidak menjadi anggota partai politik, tidak memiliki penyakit penyerta (komorbiditas) dan sehat secara rohani. Untuk format surat pernyataan telah disediakan.

Dokumen surat pendaftaran, surat pernyataan, dan daftar riwayat hidup pendaftaran Pantarlih Pemilu 2024 harus sesuai dengan format yang disediakan. Format itu dapat diunduh melalui website KPU di daerah kalian.

Tinggalkan Balasan