Simak! Keutamaan Memperbanyak Membaca Ayat Suci Al-Qur’an di Bulan Puasa Ramadhan

Keutamaan membaca ayat suci Al-Qur'an di bulan suci Ramadhan. (Foto: Freepik)

Suararakyatindo.comKhazanah, Al- Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Al-Qur’an juga mempunyai banyak keistimewaan serta keajaiban yang terkandung didalamnya. Termasuk pada saat bulan Ramadhan banyak umat muslim yang melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, biasanya mereka membaca Al-Qur’an di saat sudah selesai sholah tarawih atau pada waktu sore hari.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan sebab bulan ini terjadi peristiwa diturunkannya Al-Qur’an atau disebut dengan Nuzulul Qur’an.

Seperti yang dilansir Suararakyatindo.com (19/3/2024) dari berbagai sumber, dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 185 sebagai berikut:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)…” (QS. Al Baqarah [2];185)

Hadist Tentang Keutamaan dan Pahala Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari-Muslim).

“Hendaklah kalian membaca Al-Qur’an karena ia nanti akan datang sebagai pemberi syafa’at bagi pembacanya pada hari Kiamat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

“Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat baik, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan [dalam membaca], maka baginya dua pahala,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Al-Qur’an sungguh banyak sekali keutamaannya, dan di bulan ramadhan ketika membaca Al-Qur’an oleh Allah akan dilipatgandakan pahalanya.

Tinggalkan Balasan